Michelin Siap Menjawab Tantangan Cuaca Ekstrem di Malaysia

Michelin Siap Menjawab Tantangan Cuaca Ekstrem di Malaysia
Michelin Siap Menjawab Tantangan Cuaca Ekstrem di Malaysia
Sport - Pagelaran MotoGP 2018 seri Asia akan berakhir di Grand Prix Malaysia. Seluruh persiapan mulai dilakukan tim produsen dan pembalap untuk memberikan hiburan menarik kepada penggemar di Negeri Jiran. SEPUTARINFO

Tak hanya tim produsen dan pembalap saja yang sibuk memersiapkan hiburan kepada penggemar MotoGP di Asia, khususnya Malaysia. Michelin selaku pemasok ban di kejuaraan grand prix balap motor juga sudah merancang skenario untuk memanjakan pembalap di tiga kelas berbeda.

Sirkuit Internasional Sepang (SIC) memiliki lima belokan kiri dan sepuluh kanan. Selain itu, suhu trek (ekstrem), aspal rusak hingga kemungkinan hujan deras menjadi tantangan tersendiri buat Michelin.

Tantangan inilah yang harus dijawab Michelin saat menyediakan ban kepada pembalap di tiga kelas. Perusahaan ban asal Prancis itu membawa Power Slicks dengan kompon soft, medium, dan hard baik untuk ban depan maupun belakang.

Desain simetris untuk bagian ban depan. Sementara ban belakang Michelin menyediakan desain asimetris dengan sisi sebelah kanan yang lebih keras, menyesuaikan tikungan kanan yang lebih banyak.
Selain untuk kondisi kering, Michelin juga mengantisipasi hujan di Sepang. Tersedia produk Michelin Power Rain dengan kompon soft dan medium bagi ban depan maupun belakang.

"Sirkuit Sepang adalah trek yang ideal untuk menguji ban dan motor. Permukaan trek diperbarui pada 2016, jadi sekarang akan lebih baik. Ini akan menjadi salah satu tempat terpanas yang kami kunjungi. Tak aneh jika di Sepang suhu bisa mencapai 50° Celcius. Ban juga terpapar suhu tinggi," kata manajer Michelin Motorsport, Piero Taramasso, dilansir laman resmi MotoGP, Jumat (2/11/2018).

"Sejauh ini, semuanya adalah trek yang penting bagi Michelin juga MotoGP. Kami merasa senang bisa mendukung balapan di tiga tempat itu, dan kini Michelin pun akan menyokong balapan di Malaysia," pungkas Taramasso. SEPUTARINFO

No comments