Rahasia Di Balik Tatanan Knalpot Civic Type-R
![]() |
| Rahasia Di Balik Tatanan Knalpot Civic Type-R |
Tak heran, banyak yang menanti kehadiran varian tertingginya, yaitu Honda Civic Type-R, dengan mengusung jantung penggerak 2.0 liter turbo.
Begitu keluar dari pabriknya, dapur pacu milik Civic Type-R dibekali dengan tenaga sebesar 316 hp dan torsi sebesar 295 lb-ft dikirim ke roda depannya melalui transmisi manual 6 kecepatan.
Jika diperhatikan, Honda Civic Type-R ini memiliki tatanan knalpot yang unik, dengan 3 colong berada tepat menghiasi buritannya.
Apabila ditelusuri lebih jauh, rupanya 2 knalpot besar mengapit sebuah knalpot di tengah yang berukuran lebih kecil ini memiliki fungsi tersendiri.
Sudah bukan rahasia, penikmat kecepatan pasti akan menikmati kemerduan suara mesin yang keluar dari ujung knalpot, namun sebisa mungkin tidak terlalu bising ketika berjalan pelan. DETIKKOMPAS
Seperti yang dilansir Car Throttle, rupanya itu lah fungsi 3 knalpot yang dimiliki oleh Honda Civic Type-R yang baru saja diluncurkan.
Menurut penuturan asisten pimpinan proyek Type-R, Hideki Kakinuma, ketiga pipa knalpot yang terdapat pada Civic Type-R memiliki fungsi yang berbeda.
Pada RPM rendah, asap hasil pembuangan disalurkan melalui ketiga-tiganya, dan menghasilkan nada suara yang dinamis, namun terdapat sedikit auman.
Namun, ketika gas mulai dibejek hingga RPM menengah hingga ke atas, pipa knalpot yang tengah menciptakan tekanan negatif, sehingga mengurangi suara menggelegar ke dalam kabin
Dalam arti lainnya, pengendara Civic Type-R dapat memperkuat suara yang dihasilkan, namun dengan mengontrol aliran gas buang, pengemudi juga dapat menghindari suara berlebih pada kondisi tertentu. Agen Sakong
Baca Juga : ASLIKARTU. AGEN POKER DAN BANDAR SAKONG TERPERCAYA UNTUK ANDA



Post a Comment